Sukses dalam Belajar

  1. Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan dalam Belajar
  2. BOCSoft eQuestion
  3. Kebutuhan Sistem
  4. Informasi
  5. Referensi

1. Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan dalam Belajar

Gambar: Segitiga Sukses Belajar

1.1. Lingkungan Sekitar

  • Orang Tua
  • Guru
  • Teman
Walaupun tentu saja kecerdasan anak sendiri sangat mempengaruhi kesuksesan dalam belajar, namun karena hal tersebut adanya di dalam dan bukan faktor luar maka hal itu tidak disertakan dalam faktor lingkungan sekitar.
Tentu saja peran orang tua dan guru sangat penting dalam pendidikan anak atau murid-muridnya, tetapi pertanyaannya adalah bagaimana mengembangkan sikap yang independen dan kreatif dalam proses belajar dan bukan hasil instan yang hanya berhasil bila ada pengawasan dari orang tua atau guru.
Dan satu faktor yang perlu diperhatikan adalah pergaulan dengan teman seperti dikatakan oleh Ralph Waldo Emerson dengan baik, “Saya membayar kepala sekolah tetapi anak-anak sekolah lah yang mendidik anak laki-laki saya”.

1.2. Sarana Belajar

  • Tersedianya Buku yang Berkualitas
  • Suasana Tempat Belajar
  • Alat Bantu: Komputer dan Koneksi Internet
Buku-buku yang berkualitas di rumah, di perpustakaan sekolah, turut berperan dalam perkembangan belajar anak terutama dalam pengembangan minat membaca anak-anak.
Satu hal yang cukup penting dalam proses belajar pada era teknologi ini adalah komputer dan koneksi internet. Begitu banyak informasi berkualitas yang gratis yang tersedia di internet yang dapat dimanfaatkan dalam perkembangan belajar anak.

1.3. Cara Belajar

  • Belajar Sedikit Demi Sedikit
  • Membaca Cepat “Speed Reading”
Satu ungkapan terkenal dari Bill Gates, pendiri Microsoft adalah “You do it bit by bit”. Dia mengungkapkan itu untuk menjelaskan proses pembuatan program komputer. Pembuatan program adalah proses yang memakan waktu yang panjang yang tidak bisa dilakukan seketika yang memerlukan energi besar dan pikiran yang mendalam untuk menyelesaikannya. Ungkapan itu bisa juga diterapkan dalam proses belajar. Pada umumnya murid-murid masih terbiasa dengan belajar pada saat-saat akhir, sehari sebelum ulangan. Tidak mengherankan bila prestasi belajarnya juga tidak terlalu baik.
Salah satu teknik membaca yang perlu diketahui adalah teknik membaca cepat. Dengan teknik ini kita diajarkan untuk membaca indek, daftar isi, judul dan sub judul dan membaca isinya secara cepat dengan hanya menggunakan mata dan jangan menggunakan bibir, dan membaca pertanyaan-pertanyaannya. Dalam waktu yang singkat, kita diharapkan telah mengetahui secara umum apa yang dibahas dalam buku tersebut. Apa yang diajarkan teknik itu adalah agar kita segera mengetahui isi keseluruhan buku secara umum sehingga bila memerlukan untuk membacanya di lain waktu, kita telah mengetahui di buku mana dan bagian mana kita bisa membacanya kembali. Jadi jangan salah menilai bahwa setelah membaca cepat selesailah tugas kita membaca buku yang dimaksud.

2. BOCSoft eQuestion

2.1. Mengapa Memerlukan Teknologi dalam Pendidikan?

  • Mantan sekretaris pendidikan negara Amerika, Rod Paige mengatakan, “Pendidikan adalah sektor industri yang masih memperdebatkan kegunaan teknologi”.
  • Bill Gates, pendiri Microsoft mengatakan dalam bukunya, The Road Ahead: “Saya selalu peduli tentang pendidikan, tetapi sekarang saya seorang ayah sehingga saya memberikan pemikiran yang lebih mendalam. Saya melihat dari pengalaman pribadi bagaimana pembelajaran akan meningkat jika alat-alat yang tepat ada di tangan dan bagaimana sulitnya itu ketika alat yang baik dan informasi tidak tersedia. Potensi manusia terbuang ketika siswa-siswi di mana saja – terutama sekali anak-anak, yang secara alamiah mencintai komputer dan interaksi – tidak mempunyai akses ke teknologi informasi yang menjadi barang biasa dalam dunia bisnis yang berpikir ke depan.”
  • Susan Brooks – Young menulis dalam bukunya, Digital-Age Literacy for Teachers: Applying Technology Standards to Everyday Practice: “Hari ini guru-guru harus mendapatkan kenyataan bahwa menyelesaikan tugas-tugas dengan metode tradisional masih bisa berjalan, tetapi ini akan membuat siswa-siswi menjadi dingin. Kenapa? Karena di luar kelas siswa-siswi mempunyai akses ke teknologi yang dapat membuat mereka dapat mengerjakan tugas-tugas yang sama yang lebih masuk akal bagi mereka. Daripada memegang cara lama bagaimana dahulu guru-guru belajar, guru-guru seharusnya memanfaatkan teknologi di dunia nyata dan paling tidak, mencerminkan, kalau tidak memimpin, penggunaan teknologi di kelas.”

2.2. Apa itu BOCSoft eQuestion?

  • BOCSoft eQuestion adalah aplikasi manajemen pengetahuan yang dibuat dengan Microsoft® Office oleh BOCSoft sebagai mitra terdaftar Microsoft.
  • BOCSoft eQuestion alat untuk mengumpulkan, meringkas, merangkai ilmu pengetahuan yang metode pembelajarannya melalui gabungan beberapa cara, yaitu:
    • Membaca
    • Mendengar
    • Melihat
    • Melatih
    • Mengulang
    Dengan fitur yang ada seperti membuat dokumen, menghubungkan file suara atau video, kumpulan soal-soal, berlatih dengan kumpulan tes maka BOCSoft eQuestion telah mempertimbangkan semua aspek bagian tubuh yang perlu digunakan pada saat belajar seperti mata, telinga, tangan dan pikiran.
  • Filosofi BOCSoft eQuestion adalah AIM – CURIOSITY – SPEED.
    • Bidik apa yang ingin diketahui.
    • Tumbuh kembangkan keingintahuan.
    • Dapatkan pengetahuan dengan cepat.
    Dalam dunia yang penuh perubahan dan luasnya ilmu pengetahuan maka kita dituntut untuk memilih bidang apa yang perlu kita pelajari, bagaimana kita bisa mempelajari bidang tersebut dengan cepat dan mendalam. Hampir tidak mungkin satu orang bisa menguasai hampir segala bidang. Membidik apa yang ingin diketahui, mengembangkan keingintahuan dan mendapatkan ilmu pengetahuan dengan cepat adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan oleh siswa dalam menuntut ilmu secara berkesinambungan.
    Belajar langsung dari pertanyaan-pertanyaan juga adalah salah satu teknik membaca dan belajar cepat yang dapat diterapkan untuk kesuksesan dalam belajar. Dengan tersedianya pembahasan-pembahasan maka pembelajaran akan langsung menuju ke sasaran. Pertanyaan-pertanyaan yang dibuat dengan baik juga dapat meningkatkan keingintahuan dari pembelajar. Keingintahuan yang besar dari pembelajar akan meningkatkan kesuksesan dalam belajar.

2.3. Mengapa Memerlukan BOCSoft eQuestion?

  • Mempercepat belajar
  • Mempercepat pengajaran
  • Menghemat biaya dan waktu
  • Umpan balik yang cepat.
BOCSoft eQuestion dapat mempercepat belajar dengan adanya fasilitas untuk membuat soal, dokumen, bacaan, menghubungkan file video, latihan tes dan umpan balik dari hasil tes secara cepat. Dengan bervariasinya jenis pembelajaran maka belajar bisa menjadi sesuatu hal yang menyenangkan dilakukan.
BOCSoft eQuestion juga mempercepat pengajaran bila pengajar telah menyiapkan bahan-bahan yang menarik dan bermutu. Hanya dengan membagikan satu database yang mungkin bisa digunakan untuk satu tahun secara terus menerus dan kemudahan dalam perubahannya maka hal ini akan mempercepat pengajaran karena tidak lagi diharuskan membuat dari awal lagi. Tidak perlu lagi guru harus menulis di depan papan tulis yang pada akhirnya menghabiskan waktu yang berharga yang seharusnya diisi dengan tanya jawab atau berdiskusi.
Karena pembelajaran dapat dilakukan secara elektronik maka proses belajar dan mengajar akan menghemat penggunaan kertas, walaupun dalam aplikasi tersedia fasilitas untuk mencetak. Tidak perlu lagi mengumpulkan koleksi soal dalam bentuk kertas yang akan memenuhi rak lemari. Satu database bisa menyimpan maksimal 290.344 pertanyaan dengan besar maksimum 2 GB (gigabyte). Jika satu keping DVD berkapasitas 4 GB maka dalam satu DVD bisa menyimpan 580.688 soal-soal. Jika satu kertas bisa menampung kurang lebih 7 soal maka akan diperlukan 82.955 lembar. Jika kertas berukuran F4 (21,5 cm x 33 cm) beratnya 80 gram/m2 maka beratnya akan kurang lebih sama dengan 555,8 kg atau sama dengan 55 kuintal kertas lebih. Berapa lemari yang harus disiapkan untuk menyimpan kertas-kertas tersebut?

2.4. Bagaimana BOCSoft eQuestion Dapat Diterapkan dalam Pendidikan?

  • Pembuat
  • Pemakai
  • Pembuat dan Pemakai
BOCSoft eQuestion akan berguna jika ada konten atau isinya yang disusun oleh pembuat, penyusun, atau pengarang. Karena tanpa mereka tidak akan tersedia kumpulan ilmu pengetahuan yang dapat digunakan oleh pemakai atau pembelajar. Hal ini sendiri akan menyediakan kesempatan bagi penyedia isinya untuk membuat kumpulan ilmu pengetahuan yang dapat dijual atau mungkin digunakan sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan. Yang termasuk dalam pembuat ini bukan hanya guru, pengarang atau profesional tetapi bisa juga orang tua yang memang ingin terlibat aktif dalam pendidikan anak-anaknya.
Bagi mereka yang hanya bisa memakainya maka mereka bisa membeli kumpulan pengetahuan tersebut dari pengarang, guru-guru atau guru les.
Ada satu golongan yang dapat dianggap sebagai pembuat dan pemakai yaitu pembelajar mandiri yang meringkas materi-materi pelajarannya dan pada saat yang sama ingin mendapatkan umpan balik proses belajarnya dengan membuat kumpulan tes bagi dirinya sendiri. Orang-orang seperti ini mungkin orang yang telah duduk minimal di bangku sekolah SMA atau universitas.

2.5. Di Mana BOCSoft eQuestion Dapat Digunakan?

  • Di rumah
  • Di sekolah
  • Di perusahaan
BOCSoft eQuestion dapat digunakan di rumah untuk belajar anak-anak yang bahan-bahannya telah disiapkan oleh orang tuanya sendiri, guru sekolah atau dengan membelinya dari sumber lain.
Di sekolah, BOCSoft eQuestion dapat digunakan di laboratorium komputer di mana siswa-siswi dapat belajar dari bahan-bahan yang disiapkan oleh guru-gurunya atau dari sumber lain. Bila yang digunakan hanyalah fasilitas testing maka dengan menggunakan BOCSoft Reader yang diberikan secara gratis dan dapat diinstal tanpa batas di seluruh komputer yang ada di sekolah maka cara pembelajaran ini menjadi lebih hemat dan lebih menarik bagi siswa-siswi.
Seperti halnya di sekolah, di perusahaan pun dapat menerapkan hal yang sama. Hanya mungkin di departemen sumber daya manusia lah BOCSoft eQuestion dapat digunakan untuk pengetesan tentang suatu hal atau pengetahuan tentang produk baru perusahaan.

2.6. Untuk Siapa BOCSoft eQuestion?

  • Siswa
  • Orang tua
  • Guru pembimbing
  • Guru di sekolah
  • Pengarang buku
  • Departemen Sumber Daya Manusia pada sebuah perusahaan
Kesimpulannya secara singkat adalah bahwa BOCSoft eQuestion dapat digunakan oleh siswa sebagai pemakai. Orang tua, guru pembimbing, guru sekolah, pengarang buku dan departemen SDM di perusahaan sebagai penyedia isinya.

2.7. Perbedaan BOCSoft eQuestion

  • Kesederhanaan dalam pemakaian
  • Mempunyai beberapa versi dengan harga yang terjangkau
  • Dukungan
BOCSoft eQuestion mudah digunakan oleh siapa saja yang telah terbiasa menggunakan komputer bahkan oleh anak-anak SD kelas satu untuk proses belajarnya. Harganya pun terjangkau dari mulai yang gratis seperti BOCSoft eQuestion versi Standard dan BOCSoft Reader.
Bila terjadi kesalahan program (error) BOCSoft mendukung perbaikan-perbaikannya yang akan disediakan dalam situs web.

3. Kebutuhan Sistem

  • Komputer Intel® Pentium® III atau setara dengan minimal RAM 128 MB.
  • Microsoft® Windows® 2000 + SP3 (direkomendasikan Microsoft® Windows® XP).
  • Microsoft® Access atau Microsoft® Office 2002/2003/2007.
    Jika tidak memiliki Microsoft® Access atau Microsoft® Office bisa menggunakan Microsoft® Access Runtime.

4. Informasi

5. Referensi

  • Mimpi Anak Jadi Naga oleh Joseph Landri, Gramedia Pustaka Utama.
  • Why Bright Kids Get Poor Grade oleh DR. Sylvia Rimm, PT. Grasindo.
  • The Road Ahead oleh Bill Gates, A Penguin Book.
  • Digital-Age Literacy for Teachers: Applying Technology Standards to Everyday Practice, Susan Brooks-Young, ISTE.
  • http://www.iste.org/ (International Society for Technology in Education).

1 komentar:

bloggernya udah keren..
cuman butuh sedikit perbaikan ajah...
but sipp...

Poskan Komentar