Blogger templates
Popular posts
-
SURAT CINTA karya; WS.Rendra Kutulis surat ini kala hujan gerimis bagai bunyi tambur yang gaib, Dan angin mendesah mengeluh dan me...
-
oke gan saya punya skin pack bagus nih buat windows 7 kalian yang 32-bit, nama skin packnya "Ubuntu". . nah ini saya juga punya s...
-
Elektromagnet Elektromagnet adalah prinsip pembangkitan magnet dengan menggunakan arus listrik. Aplikasi praktisnya kita temukan pada ...
-
Sukses dalam Belajar Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan dalam Belajar BOCSoft eQuestion Kebutuhan Sistem Informasi Referensi ...
-
Pesawat Sederhana Jenis-Jenis Pesawat Sederhana Setiap hari Senin, di sekolahmu tentu dilangsungkan upacara pengibaran bendera. Setiap p...
-
Add caption Membuat Kertas Handmade dalam 10 Langkah Mudah Mesir Kuno menemukan substansi pertama seperti kertas yang kita kenal se...
-
Hadits Tentang Menuntut Ilmu Niscaya Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang ...
Blog archive
Pada tuas golongan ketiga, kedudukan kuasa terletak di antara titk tumpu dan beban. Contoh tuas golongan ketiga ini adalah sekop yang biasa digunakan untuk memindahkan pasir. Coba perhatikan letak titik tumpu, beban, dan kuasa pada gambar berikut!
Berbeda dengan katrol tetap, pada katrol bebas kedudukan atau posisi katrol berubah dan tidak dipasang pada tempat tertentu. Katrol jenis ini biasanya ditempatkan di atas tali yang kedudukannya dapat berubah, seperti tampak pada gambar di samping. Salah satu ujung tali diikat pada tempat tertentu. Jika ujung yang lainnya ditarik maka katrol akan bergerak. Katrol jenis ini bisa kita temukan pada alat-alat pengangkat peti kemas di pelabuhan.
Katrol majemuk merupakan perpaduan dari katrol tetap dan katrol bebas. Kedua katrol ini dihubungkan dengan tali. Pada katrol majemuk, beban dikaitkan pada katrol bebas. Salah satu ujung tali dikaitkan pada penampang katrol tetap. Jika ujung tali yang lainnya ditarik maka beban akan terangkat beserta bergeraknya katrol bebas ke atas.
Roda berporos merupakan roda yang di dihubungkan dengan sebuah poros yang dapat berputar bersama-sama. Roda berporos merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang banyak ditemukan pada alat-alat seperti setir mobil, setir kapal, roda sepeda, roda kendaraan bermotor, dan gerinda.
Add caption |
Mesir Kuno menemukan substansi pertama seperti kertas yang kita kenal sekarang disebut Papyrus. Gulungan papyrus dibuat dengan mengambil kerat bagian dalam batang papirus, perataan lalu ditumbuk menjadi tipis, lembar keras. Kata "kertas" berasal dari "kata" papirus. Kertas yang kita kenal sekarang diciptakan oleh Ts'ai Lun di AD 105, Hal ini diyakini bahwa ia ganja dicampur, murbei kulit kayu, dan kain lap dengan air, tumbuk menjadi bubur, ditekan keluar cairan dan digantung hingga kering di matahari. Kertas lahir dan campuran ini rendah hati akan menetapkan dari salah satu revolusi terbesar komunikasi's umat manusia.
Hari ini ada kebangkitan dalam kerajinan pembuatan kertas buatan sendiri. Tidak hanya itu pengalaman yang menyenangkan bagi Anda dan anak-anak, tapi itu cara yang baik untuk mendaur ulang sampah menjadi kemungkinan indah. Di bawah ini Anda akan menemukan resep pembuatan kertas sederhana untuk Anda mulai. Jika ini adalah pertama kalinya Anda membuat kertas, jangan takut untuk bereksperimen dengan serat yang berbeda, Anda tidak harus tetap dengan produk-produk terkait kertas. Tambahkan bunga seluruh kepala ke dalam campuran pulp setelah telah melalui blender. Anda dapat menambahkan memo dari benang, kertas timah, bahkan biji. Its semua bermuara pada apa yang Anda inginkan. Percobaan dengan tekstur dan warna setelah semua Ts'ai Lun melakukannya! Ingat, beberapa ide-ide Anda akan berubah sementara yang lain tidak mungkin. Bersenang-senang dengan itu, mengekspresikan kreativitas Anda. Resep sederhana: Banyak jenis kertas yang dapat digunakan termasuk: |
- Komputer Kertas (belum dicetak)
- Surat kabar (Jika anda ingin kertas berwarna keabu-abuan)
- Majalah
- Kardus Telur
- Old Kartu (Untuk kertas yang lebih berat)
- Kertas kloset
- Kertas Bags
- Non berlapis lilin box (Pra-berendam dalam air hangat)
- Kertas Kantor
- Kertas Tissue (Untuk kertas halus)
- Mengetik Kertas
- Serbet
- Konstruksi Kertas
- Sepon
- Window Screening (cetakan)
- Kayu Frame (bingkai foto tua dapat digunakan terlalu) (memotong pinggir kertas)
- Basin plastik / bak (Besar cukup untuk merendam bingkai total)
- Blender / Food Processor (Untuk pulp pembuatan kertas)
- Merasa putih atau kain flanel
- Staples atau paku payung (Untuk layar penyambungan frame)
- Cair pati (opsional)
1. Pilih potongan kertas untuk didaur ulang. Anda bahkan dapat mencampur berbagai jenis kertas untuk membuat unik Anda sendiri.
2. Rip kertas menjadi potongan-potongan kecil, dan tempat ke dalam blender. (Sekitar setengah penuh). Isi blender dengan air hangat. Jalankan blender perlahan-lahan pada pertama kemudian meningkatkan kecepatan sampai pulp terlihat halus dan tercampur rata. (30 -40 detik) Periksalah bahwa tidak ada serpihan kertas tetap. Jika ada, campuran lagi.
3. Langkah selanjutnya adalah membuat cetakan. cetakan, dalam kasus ini, dibuat hanya dengan peregangan layar fiberglass (pintu tua polos dan jendela layar) atas kerangka kayu dan tiang itu. Itu harus seketat mungkin.
4. Isi cekungan sekitar setengah jalan dengan air. Tambahkan beban blender 3 dari pulp. (Pulp semakin Anda menambahkan lebih tebal kertas akan selesai) Aduk campuran.
5. Sekarang adalah waktu untuk menambahkan pati cair untuk ukuran). (Ini tidak perlu tetapi jika kertas yang akan digunakan untuk menulis pada, Anda harus menambahkan beberapa itu, pati membantu mencegah tinta dari membasahi kertas serat. Aduk 2 sendok teh tepung cair ke pulp.
Tempatkan cetakan menjadi bubur dan kemudian tingkat keluar ketika sedang tenggelam. Lembut menggoyangkan itu sisi ke sisi hingga pulp di atas layar terlihat bahkan.
6. Angkat perlahan-lahan cetakan hingga berada di atas tingkat air. Tunggu sampai sebagian besar air telah dikeringkan dari lembaran kertas baru. Jika kertas sangat tebal, membuang ampas beberapa dari bak. Jika terlalu tipis, tambahkan lebih pulp dan aduk campuran lagi.
7. Ketika cetakan berhenti menetes, lembut tempat satu ujung di sisi persegi kain (merasa atau persegi flanel). Perlahan kemudahan cetakan bawah datar, dengan kertas langsung pada kain. Gunakan spons untuk menekan keluar air sebanyak mungkin. Peras kelebihan air dari spons ke dalam bak plastik besar.
8. Sekarang sampai pada bagian yang rumit. Pegang kain persegi datar dan angkat perlahan-lahan tepi cetakan. Lembaran kertas basah harus tetap pada kain. Jika menempel pada cetakan, Anda mungkin harus menarik untuk berpuasa atau tidak ditekan keluar air yang cukup. Dibutuhkan sedikit latihan. Anda lembut dapat menekan apapun gelembung dan tepi longgar pada saat ini.
9. Ulangi langkah di atas, dan tumpukan kain kotak di cookie sheet. Simpan satu kain persegi untuk tempat di atas tumpukan untuk menutup bagian terakhir dari kertas. Gunakan lain cookie sheet untuk menekan keluar air yang tersisa dari stack. (Melakukan hal ini di luar atau di bak mandi, dapat membuat berantakan)
10. Setelah Anda menekan tumpukan, lembut memisahkan lembar. Mereka dapat dikeringkan dengan menggantung di tali jemuran atau meletakkan mereka pada lembar koran. Ketika mereka telah kering kupas mereka dari kain dan voila! Anda memiliki kertas!
Elektromagnet
Elektromagnet adalah prinsip pembangkitan magnet dengan menggunakan arus listrik. Aplikasi praktisnya kita temukan pada motor listrik, speaker, relay dsb. Sebatang kawat yang diberikan listrik DC arahnya meninggalkan kita (tanda silang), maka disekeliling kawat timbul garis gaya magnet melingkar, lihat gambar 1. Sedangkan gambar visual garis gaya magnet didapatkan dari serbuk besi yang ditaburkan disekeliling kawat beraliran listrik, seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya “prinsip kemagnetan”.
Gambar 1. Prinsip elektromagnetik.
Sebatang kawat pada posisi vertikal diberikan arus listrik DC searah panah, maka arus menuju keatas arah pandang (tanda titik). Garis gaya magnet yang membentuk selubung berlapis lapis terbentuk sepanjang kawat. Garis gaya magnet ini tidak tampak oleh mata kita, cara melihatnya dengan serbuk halus besi atau kompas yang didekatkan dengan kawat penghantar tsb. Kompas menunjukkan bahwa arah garis gaya sekitar kawat melingkar. Arah medan magnet disekitar penghantar sesuai arah putaran sekrup (James Clerk Maxwell, 1831-1879). arah arus kedepan (meninggalkan kita) maka arah medan magnet searah putaran sekrup kekanan. Sedangkan bila arah arus kebelakang (menuju kita) maka arah medan magnet adalah kekiri.
Gambar 2. Garis magnet membentuk selubung seputar kawat berarus.
Gambar 3. Prinsip putaran sekrup
Aturan sekrup mirip dengan hukum tangan kanan yang menggenggam, dimana arah ibu jari menyatakan arah arus listrik mengalir pada kawat. Maka keempat arah jari menyatakan arah dari garis gaya elektromagnet yang ditimbulkan.
Arah aliran arus listrik DC pada kawat penghantar menentukan arah garis gaya elektromagnet. Arah arus listrik DC menuju kita (tanda titik pada penampang kawat), arah garis gaya elektromagnet melingkar berlawanan arah jarum jam. Ketika arah arus listrik DC meninggalkan kita (tanda silang penampang kawat), garis gaya elektromagnet yang ditimbulkan melingkar searah dengan jarum jam (sesuai dengan model mengencangkan sekrup). Makin besar intensitas arus yang mengalir semakin kuat medan elektro-magnet yang mengelilingi sepanjang kawat tersebut.
Gambar 4. Elektromagnetik sekeliling kawat.
Elektromagnet pada Belitan Kawat
Jika sebuah kawat penghantar berbentuk bulat dialiri arus listrik I sesuai arah panah, maka disekeliling kawat timbul garis gaya magnet yang arahnya secara gabungan membentuk kutub utara dan kutub selatan. Makin besar arus listrik yang melewati kawat, maka akan semakin kuat medan elektromagnetik yang ditimbulkannya.
Gambar 5. Kawat melingkar berarus membentuk kutub magnet
Jika beberapa belitan kawat digulungkan membentuk sebuah coil atau lilitan, dan kemudian dipotong secara melintang maka arah arus ada dua jenis. Kawat bagian atas bertanda silang (meninggalkan kita) dan kawat bagian bawah bertanda titik (menuju kita).
Gambar 6. Belitan kawat membentuk kutub magnet.
Hukum Tangan Kanan
Hukum tangan kanan untuk menjelas kan terbentuknya garis gaya elektromagnet pada sebuah gulungan atau coil dapat dilihat pada gambar 7. Dimana sebuah
gulungan kawat coil dialiri arus listrik, maka arah arusnya ditunjukkan sesuai dengan empat jari tangan kanan, sedangkan kutub magnet yang dihasilkan ditunjukkan dengan ibu jari untuk arah kutub utara dan kutub selatan arah lainnya.
Gambar 7. Hukum tangan kanan.
Untuk menguatkan medan magnet yang dihasilkan pada gulungan dipasangkan inti besi dari bahan ferromagnet, sehingga garis gaya elektromagnet menyatu. Aplikasinya dipakai pada coil kontaktor atau relay.
sumber; dunia listrik
Induksi elektromagnet
Trafo step up adalah transformator yang berfungsi untuk menaikkan tegangan AC. Trafo ini memiliki ciri-ciri:
a. jumlah lilitan primer lebih sedikit daripada jumlah lilitan sekunder,
b. tegangan primer lebih kecil daripada tegangan sekunder,
c. kuat arus primer lebih besar daripada kuat arus sekunder.
Trafo step down adalah transformator yang berfungsi untuk menurunkan tegangan AC. Trafo ini memiliki ciri-ciri:
a. jumlah lilitan primer lebih banyak daripada jumlah lilitan sekunder,
c. kuat arus primer lebih kecil daripada kuat arus sekunder.
Berdasarkan rumus-rumus di atas, hubungan antara jumlah lilitan primer dan sekunder dengan kuat arus primer dan sekunder dapat dirumuskan sebagai Dengan demikian untuk transformator ideal akan berlaku persamaan berikut. Dengan:
Vp = tegangan primer (tegangan input = Vi ) dengan satuan volt (V)
Vs = tegangan sekunder (tegangan output = Vo) dengan satuan volt (V)
Np = jumlah lilitan primer
Ns = jumlah lilitan sekunder
Ip = kuat arus primer (kuat arus input = Ii) dengan satuan ampere (A)
Is = kuat arus sekunder (kuat arus output = Io) dengan satuan ampere (A)
a. kuat arus primer jika kuat arus sekunder 0,6 A,
b. jumlah lilitan sekunder, jika jumlah lilitan primer 300. 2. Sebuah transformator dihubungkan dengan PLN pada tegangan 100 V menyebabkan kuat arus pada kumparan primer 10 A. Jika perbandingan jumlah lilitan primer dan sekunder 1 : 25, hitunglah:
a. tegangan pada kumparan sekunder,
b. kuat arus pada kumparan sekunder.3. Efisiensi Transformator
Di bagian sebelumnya kamu sudah mempelajari transformator atau trafo yang ideal. Namun, pada kenyataannya trafo tidak pernah ideal. Jika trafo digunakan, selalu timbul energi kalor. Dengan demikian, energi listrik yang masuk pada kumparan primer selalu lebih besar daripada energi yang keluar pada kumparan sekunder. Akibatnya, daya primer lebih besar daripada daya sekunder. Berkurangnya daya dan energi listrik pada sebuah trafo ditentukan oleh besarnya efisiensi trafo. Perbandingan antara daya sekunder dengan daya primer atau hasil bagi antara energi sekunder dengan energi primer yang dinyatakan dengan persen disebut efisiensi trafo. Efisiensi trafo dinyatakan dengan η . Besar efisiensi trafo dapat dirumuskan sebagai berikut. LATIHAN
lilitan primer dan sekunder masing-masing 1000 dan 800, berapakah efisiensi trafo?
2. Efisiensi sebuah trafo 60%. Jika energi listrik yang dikeluarkan 300 J, berapakah energi listrik yang masuk trafo?SOAL LATIHAN
2. Sebuah trafo step down digunakan untuk mengubah tegangan AC dari 220 V menjadi 20 V. Berapakah:
a. perbandingan jumlah lilitan primer dan sekunder;
b. jumlah lilitan sekunder, jika jumlah lilitan primer 100?
3. Manakah yang lebih bagus kualitasnya trafo A efisiensinya 85% dan trafo B yang efisiensinya 90%? Mengapa? Coba jelaskan.
Banyak peralatan listrik di rumah yang menggunakan transformator step down. Trafo tersebut berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik PLN yang besarnya 220 V menjadi tegangan lebih rendah sesuai dengan kebutuhan. Sebelum masuk rangkaian elektronik pada alat, tegangan 220 V dari PLN dihubungkan dengan trafo step down terlebih dahulu untuk diturunkan. Misalnya kebutuhan peralatan listrik 25 V. Jika alat itu langsung dihubungkan dengan PLN, alat itu akan rusak atau terbakar. Namun, apabila alat itu dipasang trafo step down yang mampu mengubah tegangan 220 V menjadi 25 V, alat itu akan terhindar dari kerusakan. Ada beberapa alat yang menggunakan transformator antara lain catu daya, adaptor, dan transmisi daya listrik jarak jauh.
Catu daya merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan tegangan AC yang rendah. Catu daya menggunakan trafo step down yang berfungsi untuk menurunkan tegangan 220 V menjadi beberapa tegangan AC yang besarnya antara 2 V sampai 12 V
Adaptor terdiri atas trafo step down dan rangkaian penyearah arus listrik yang berupa diode. Adaptor merupakan catu daya yang ditambah dengan penyearah arus. Fungsi penyearah arus adalah mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC.
Pembangkit listrik biasanya dibangun jauh dari permukiman penduduk. Proses pengiriman daya listrik kepada pelanggan listrik (konsumen) yang jaraknya jauh disebut transmisi daya listrik jarak jauh. Untuk menyalurkan energi listrik ke konsumen yang jauh, tegangan yang dihasilkan generator pembangkit listrik perlu dinaikkan mencapai ratusan ribu volt. Untuk itu, diperlukan trafo step up. Tegangan tinggi ditransmisikan melalui kabel jaringan listrik yang panjang menuju konsumen. Sebelum masuk ke rumah-rumah penduduk tegangan diturunkan menggunakan trafo step down hingga menghasilkan 220 V. Transmisi daya listrik jarak jauh dapat dilakukan dengan menggunakan tegangan besar dan arus yang kecil. Dengan cara itu akan diperoleh beberapa keuntungan, yaitu energi yang hilang dalam perjalanan dapat dikurangi dan kawat penghantar yang diperlukan dapat lebih kecil serta harganya lebih murah.SOAL LATIHAN
2. Mengapa transmisi daya listrik jarak jauh menggunakan trafo?
2. Besar GGL induksi bergantung pada tiga faktor, yaitu
a. kecepatan perubahan jumlah garis-garis gaya magnet,
b. jumlah lilitan,
c. kuat medan magnet.
3. Arah arus induksi dalam kumparan selalu sedemikian rupa sehingga menghasilkan medan magnet yang menentang sebab-sebab yang menimbulkannya.
4. Induksi elektromagnetik diterapkan pada: generator, dinamo, dan trafo.
5. Fungsi generator atau dinamo adalah untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.
6. Fungsi transformator atau trafo adalah menaikkan atau menurunkan tegangan AC. Untuk menaikkan tegangan listrik digunakan trafo step-up, sedangkan untuk menurunkan tegangan listrik digunakan trafo step-down.
7. Pada transformator ideal berlaku rumus8. Untuk transformator yang tidak ideal berlaku rumus efisiensi9. Transformator digunakan pada catu daya, adaptor, dan instalasi transmisi daya listrik jarak jauh
10. Transmisi daya listrik jarak jauh dapat dilakukan dengan menggunakan tegangan yang besar dan arus yang kecil. Dengan cara ini akan diperoleh beberapa keuntungan, yaitu energi yang hilang dalam perjalanan dapat dikurangi dan kawat penghantar yang diperlukan dapat lebih kecil serta harganya lebih murah.
Sukses dalam Belajar
- Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan dalam Belajar
- BOCSoft eQuestion
- Kebutuhan Sistem
- Informasi
- Referensi
1. Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan dalam Belajar
1.1. Lingkungan Sekitar
- Orang Tua
- Guru
- Teman
1.2. Sarana Belajar
- Tersedianya Buku yang Berkualitas
- Suasana Tempat Belajar
- Alat Bantu: Komputer dan Koneksi Internet
1.3. Cara Belajar
- Belajar Sedikit Demi Sedikit
- Membaca Cepat “Speed Reading”
2. BOCSoft eQuestion
- Mengapa Memerlukan Teknologi dalam Pendidikan?
- Apa itu BOCSoft eQuestion?
- Mengapa Memerlukan BOCSoft eQuestion?
- Bagaimana BOCSoft eQuestion dapat Diterapkan dalam Pendidikan?
- Di Mana BOCSoft eQuestion dapat Digunakan?
- Untuk Siapa BOCSoft eQuestion?
- Perbedaan BOCSoft eQuestion
2.1. Mengapa Memerlukan Teknologi dalam Pendidikan?
- Mantan sekretaris pendidikan negara Amerika, Rod Paige mengatakan, “Pendidikan adalah sektor industri yang masih memperdebatkan kegunaan teknologi”.
- Bill Gates, pendiri Microsoft mengatakan dalam bukunya, The Road Ahead: “Saya selalu peduli tentang pendidikan, tetapi sekarang saya seorang ayah sehingga saya memberikan pemikiran yang lebih mendalam. Saya melihat dari pengalaman pribadi bagaimana pembelajaran akan meningkat jika alat-alat yang tepat ada di tangan dan bagaimana sulitnya itu ketika alat yang baik dan informasi tidak tersedia. Potensi manusia terbuang ketika siswa-siswi di mana saja – terutama sekali anak-anak, yang secara alamiah mencintai komputer dan interaksi – tidak mempunyai akses ke teknologi informasi yang menjadi barang biasa dalam dunia bisnis yang berpikir ke depan.”
- Susan Brooks – Young menulis dalam bukunya, Digital-Age Literacy for Teachers: Applying Technology Standards to Everyday Practice: “Hari ini guru-guru harus mendapatkan kenyataan bahwa menyelesaikan tugas-tugas dengan metode tradisional masih bisa berjalan, tetapi ini akan membuat siswa-siswi menjadi dingin. Kenapa? Karena di luar kelas siswa-siswi mempunyai akses ke teknologi yang dapat membuat mereka dapat mengerjakan tugas-tugas yang sama yang lebih masuk akal bagi mereka. Daripada memegang cara lama bagaimana dahulu guru-guru belajar, guru-guru seharusnya memanfaatkan teknologi di dunia nyata dan paling tidak, mencerminkan, kalau tidak memimpin, penggunaan teknologi di kelas.”
2.2. Apa itu BOCSoft eQuestion?
- BOCSoft eQuestion adalah aplikasi manajemen pengetahuan yang dibuat dengan Microsoft® Office oleh BOCSoft sebagai mitra terdaftar Microsoft.
- BOCSoft eQuestion alat untuk mengumpulkan, meringkas, merangkai ilmu pengetahuan yang metode pembelajarannya melalui gabungan beberapa cara, yaitu:
- Membaca
- Mendengar
- Melihat
- Melatih
- Mengulang
- Filosofi BOCSoft eQuestion adalah AIM – CURIOSITY – SPEED.
- Bidik apa yang ingin diketahui.
- Tumbuh kembangkan keingintahuan.
- Dapatkan pengetahuan dengan cepat.
Belajar langsung dari pertanyaan-pertanyaan juga adalah salah satu teknik membaca dan belajar cepat yang dapat diterapkan untuk kesuksesan dalam belajar. Dengan tersedianya pembahasan-pembahasan maka pembelajaran akan langsung menuju ke sasaran. Pertanyaan-pertanyaan yang dibuat dengan baik juga dapat meningkatkan keingintahuan dari pembelajar. Keingintahuan yang besar dari pembelajar akan meningkatkan kesuksesan dalam belajar.
2.3. Mengapa Memerlukan BOCSoft eQuestion?
- Mempercepat belajar
- Mempercepat pengajaran
- Menghemat biaya dan waktu
- Umpan balik yang cepat.
2.4. Bagaimana BOCSoft eQuestion Dapat Diterapkan dalam Pendidikan?
- Pembuat
- Pemakai
- Pembuat dan Pemakai
2.5. Di Mana BOCSoft eQuestion Dapat Digunakan?
- Di rumah
- Di sekolah
- Di perusahaan
2.6. Untuk Siapa BOCSoft eQuestion?
- Siswa
- Orang tua
- Guru pembimbing
- Guru di sekolah
- Pengarang buku
- Departemen Sumber Daya Manusia pada sebuah perusahaan
2.7. Perbedaan BOCSoft eQuestion
- Kesederhanaan dalam pemakaian
- Mempunyai beberapa versi dengan harga yang terjangkau
- Dukungan
3. Kebutuhan Sistem
- Komputer Intel® Pentium® III atau setara dengan minimal RAM 128 MB.
- Microsoft® Windows® 2000 + SP3 (direkomendasikan Microsoft® Windows® XP).
- Microsoft® Access atau Microsoft® Office 2002/2003/2007.
Jika tidak memiliki Microsoft® Access atau Microsoft® Office bisa menggunakan Microsoft® Access Runtime.
4. Informasi
- Website: http://www.bocsoft.net.
- Kumpulan Laporan eTest: http://www.bocsoft.net/Indonesia/info/test_report.htm.
- Halaman utama download: http://www.bocsoft.net/Indonesia/info/download.htm.
- Download gratis BOCSoft eQuestion versi Standard: http://www.bocsoft.net/download/BOCSofteQSV.zip.
- Download gratis BOCSoft Reader: http://www.bocsoft.net/download/BOCSoft_Reader.zip.
- Email: info@bocsoft.net.
- Video tutorial penggunaan BOCSoft eQuestion secara garis besar (disarankan). Download video...
5. Referensi
- Mimpi Anak Jadi Naga oleh Joseph Landri, Gramedia Pustaka Utama.
- Why Bright Kids Get Poor Grade oleh DR. Sylvia Rimm, PT. Grasindo.
- The Road Ahead oleh Bill Gates, A Penguin Book.
- Digital-Age Literacy for Teachers: Applying Technology Standards to Everyday Practice, Susan Brooks-Young, ISTE.
- http://www.iste.org/ (International Society for Technology in Education).